Sabtu, 05 Mei 2018

manfaat daun pegagan

Daun pegagan atau dikenal juga dengan nama antanan memiliki nama ilmiah Centella Asiatica. Tanaman ini berasal dari daerah asia, biasanya tumbuh secara liar di daerah pegunungan. 

gambar daun pegagan/antanan
Daun pegagan saat ini banyak digunakan sebagai tanaman herbal. Dahulu sebelum dikenal luas sebagai herbal, sebenarnya banyak orang yang telah mengkonsumsi daun pegagan sebagai sayur-sayuran. Ketika manfaat daun pegagan makin terbuka, maka penggunaan daun pegagan sebagai obat herbal semakin meluas.

Lalu apa kandungan daun pegagan yang membuatnya memiliki fungsi sebagai obat herbal?


Pada dasarnya, sebagaimana diketemukan pada kebanyakan tanaman herbal, setiap daun herbal memiliki kandungan spesifik/khusus dan kandungan umum yang juga terdapat pada herbal lainnya.


Kandungan khusus pada pegagan yang disinyalir memiliki efek penyembuhan untuk penyakit tertentu adalah asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.


Biar kita tidak perlu dipusingkan dengan istilah-istilah kimiawi yang rumit, kita langsung saja membicarakan khasiyat dari pegagan ini.

Daun pegagan bisa berguna sebagai nutrisi otak, yaitu yang berkaitan dengan reseptor otak. Fungsinya sebagai mikro nutrisi yang menambah kelengkapan bagi pembuatan reseptor di otak. Kandungan nutrisi daun pegagan bisa berfungsi sebagai co-enzim dan co-factor pembentukan reseptor otak. Dalam hal ini pegagan bisa dimanfaatkan sebagai makanan tambahan (sayur) yang sangat bermanfaat.

Daun pegagan juga bisa berguna dalam hal membantu melegakan pernafasan, ini berkaitan dengan kandungan asiaticoside dalam pegagan, yang bisa membuka/membesarkan saluran pernafasan. Akan bermanfaat bagi penderita asma.

Namun sebagaimana manfaatnya, daun pegagan juga memiliki kelemahan/kerugian, yaitu kandungan asiaticoside dalam dosis tinggi dan konsumsi jangka panjang mungkin tidak baik bagi liver anda. Oleh sebab itulah konsumsi pegagan mesti tidak boleh berlebihan dalam jangka panjang.

Biar mengerti hal ini, agar jangan sampai karena ingin pintar, lalu konsumsi pegagan berlebihan, hasilnya liver malah rusak. ya kan?

Nah demikianlah diantara manfaat dan kekurangan dari pegagan. Jika saudara memerlukan ramuan racikan pegagan yang efektif tanpa menimbulkan bahaya seperti diatas, kami telah menyediakan produk teh herbal FK untuk otak, yang mengandung daun pegagan, yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, pengobatan epilepsi dsb.

Testimoni





Beli via Tokopedia klik 
Beli via Bukalapak klik


Halaman DepanPembelian | Testimoni | Produk |Testimoni 2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

manfaat daun pegagan